Sunday, June 20, 2010

Golkar: Desa Mampu Kelola Dana Rp 1 Miliar

 Golkar pun berharap usulan ini tidak ditolak masyarakat

VIVAnews - Ketua Bidang Politik DPP Golkar, Priyo Budi Santosa, berharap usul alokasi dana stimulus Rp 1 miliar tiap desa/kelurahan tidak ditolak. Menurut dia, dengan dana stimulus itu meningkatkan percepatan pembangunan di desa, sebab dikelola mandiri. "Ada 73.900 desa/kelurahan seluruh Indonesia," katanya. "Kalau ini disetujui, saya kira masyarakat desa akan mampu mengelola sendiri dana tersebut," katanya di gedung DPR, Kamis 10 Juni 2010.

Menurut dia, langkah itu terobosan karena mekanisme yang ada saat ini berjalan tertatih. Menurutnya, kepala desa dan BPD diberikan keleluasaan menjalankan program yang tepat. "Langsung saja kelola di situ," ujarnya.

Dana Desa memiliki landasan dalam Undang-undang Pemerintahan Daerah. DPR bahkan hendak memperkuatnya dalam Rancangan Undang-undang Desa yang masuk Program Legislasi Nasional 2010 ini.

Usulan Golkar ini mendapat oposisi dari politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ganjar Pranowo. Wakil Ketua Komisi II itu tidak yakin aparat desa bisa mengelola dana itu dengan baik. Dia justru menilai bila hal itu diwujudkan, maka banyak aparat desa berpotensi tersandung kasus dalam perencanaan hingga pelaksanaan proyek.

Senada dengan Ganjar, anggota Komisi II dari Demokrat Ignatius Mulyono meragukan kemampuan aparat desa untuk mengelola dana sebesar itu. Dia khawatir porsi terbesar justru tersedot untuk pembinaan dan sewa konsultan.

Menurut dia, lebih baik mengoptimalkan program yang sudah ada, yakni pemberdayaan desa yang ditangani Dirjen Pemberdayaan Desa Kementerian Dalam Negeri. "Anggarannya Rp 9,3 triliun di 2010 ini," ujarnya. (mt)

 

Kamis, 10 Juni 2010, 12:21 WIB Arfi Bambani Amri, Suryanta Bakti Susila

0 comments:

Post a Comment